Menstruasi-Mu Terlambat? Kok Bisa? Yuk Pahami!

WOMERA.ID – Ladies, tahukah kamu sebagian wanita di Indonesia ini pernah mengalami gangguan siklus bulan (menstruasi) loh. Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama menstruasi pada bulan ini hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Biasanya siklus menstruasi terjadi setiap 21 hingga 35 hari dan lama menstruasi biasanya hingga sampai 7 hari.

Don’t worry ini aku ada tabel buat tracking penyebab terjadinya menstruasi yang tidak teratur. 

  1. Kenapa sih stres berpengaruh ?

Karena, saat stres produksi Hormon Gonadotropin dan Kinerja Hipotalamus (bagian sel otak yang mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Jadi, take ur time ya ladies supaya meminimalisir keterlambatan menstruasi.

  1. Mengalami penurunan atau berat badan / Diet berlebihan. Saat berat badan terlalu rendah dari berat badan ideal maka fungsi tubuh juga akan terganggu dan ovulasi akan berhenti. Jangan diet berlebihan ya Ladies, konsultasikan diet kamu ke ahli gizi agar tidak mengalami gangguan di tubuh.
  2. Mengkonsumsi pil KB .

Pil KB ternyata mengandung hormon estrogen loh yang dapat mencegah pelepasan sel telur, agar siklus menstruasi kembali normal diperlukan waktu hingga 6 bulan setelah mengkonsumsi pil KB.

  1. Hormon. 

Tahukah kamu nama hormon ini mengandung prolaktin yang berlebih Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, tetapi juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, hipotiroid, dan tumor kelenjar pituitari di otak. Peningkatan hormon prolaktin ini dapat mempengaruhi kinerja hormon lain, yaitu estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses menstruasi sehingga dapat memicu telat haid.

  1. PCOS ( Kondisi yang menyebabkan tubuh anda memproduksi lebih banyak hormon androgen) PCOS juga dapat menyebabkan kulit berminyak, berjerawat dan berat badan meningkat secara tiba – tiba.-SF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *