Hubungan Asmara Tidak Sehat? Ini Sebabnya!

WOMERA.ID – Seorang mahasiswa yang memiliki hubungan dengan lawan jenis termasuk sebagian orang yang akan merasa nyaman apabila memiliki pacar. Walaupun sebagian orang juga memilih sendiri daripada berpacaran karena setiap orang pasti memiliki rasa nyaman yang berbeda-beda.  Masa-masa memiliki pacar biasanya terjadi di usia remaja, saat kuliah mereka biasanya melakukan gaya berpacaran dengan cari makan bersama, nonton film di bioskop atau mengerjakan tugas bersama. Saat ini banyak juga orang yang berpacaran dengan cara yang tidak baik seperti tidak saling mendukung dan tidak saling memotivasi antar pasangan ataupun ada juga mereka yang berpacaran hanya untuk memenuhi hawa nafsunya dan kesenangannya saja .Masa-masa serius berpacaran adalah ketika menduduki bangku kuliah. Karena pola pikir ketika menjadi mahasiswa bahwa berpacaran tidak hanya untuk senang-senang lagi, melainkan sudah memikirkan tentang masa depan. Sebagian mahasiswa menjalin hubungan dengan umur dibawah kita sangat susah apalagi untuk menemukan semangat  dalam menghadapi masa yang berbeda yaitu sekolah dan masa perkuliahan, walaupun mereka punya alasan dengan memiliki pacar, sebagian mahasiswa menjadi termotivasi untuk semangat kuliah, namun sebagian juga ada yang semakin malas kuliah karenapapacaran.

Siklus hubungan yang tidak sehat pada akhirnya akan berakhir dengan kekecewaan? Akan tetapi, jika berhasil melepaskan diri dari jeratan ini, tentu saja beban yang selama ini ada di pundak perlahan menghilang. Janganlah menyangkal bahwa kamu berada di dalam hubungan yang tidak sehat.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pasangan-problem-bertengkar-perkelahian-8560847/

Hulinza(22) adalah salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang menjalani hubungan asmara yang tidak sehat, dia menceritakan tentang hubungan yang tidak sehat saat saya temui di salah satu cafe di malang.

Menjadi seorang perempuan yang mengalami toxic relationship dimana kondisi seseorang merasa tidak dihargai, tidak didukung, direndahkan, serta diserang.

“ Jadi awalnya saya menjalani hubungan asmara dengan seseorang berinisial F, F ini memiliki kepribadian yang sangat sarkasme (kepribadian yang tidak bisa mengontrol diri). Di setiap ada masalah kecil pasti dia selalu berbicara kasar,” ujar Hulinza.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-pasangan-kesedihan-stres-6642995/

Penyebab hubungan tidak sehat menurut Hulinza :

  1. Tidak menjadi diri sendiri.

Hulinza merasa tidak menjadi diri sendiri saat bersama F yaitu, setiap ada masalah yang harus diambil sebuah keputusan yang seharusnya kita memberi keputusan bersama tapi saat bersama  seolah saya tidak bisa memberikan pendapat, dan harus dia yang memutuskan keputusan itu tanpa ada masukkan dari saya.

  1. Perkataan yang membuat sakit hati.

Setiap kita berkomunikasi dengan siapapun pasti menginginkan apa yang kita sampaikan bisa dimengerti oleh lawan bicara kita

Pengalaman Hulinza saat menjalani hubungan dengan F berbeda, dia mengaku selalu mendapat perkataan yang membuat sakit hati saat berbicara. Jadi saat menjalani hubungan sebaiknya menjaga perkataan satu sama lain agar apa yang ingin kita bicarakan sampai dan dapat dipahami.

  1. Minimnya kepercayaan.

Kepercayaan memegang peranan penting dalam sebuah hubungan. Individu memiliki kecenderungan menilai orang lain dan memutuskan apakah akan mempercayai orang tersebut atau tidak saat menjalin interaksi.

Dia pernah melakukan satu kebohongan dengan F yang suatu saat ketahuan, dan selama itu setiap keadaan apapun F tidak mau lagi percaya dengan apa yang dikatakan Hulinza.

Jadi, kepercayaan sangatlah penting dalam suatu hubungan, sekalipun berbohong pasti kita tidak akan percaya lagi karena sepenting itu kita menjaga kepercayaan terhadap orang terdekat.

  1. Kekerasan fisik.

Kekerasan fisik sangat jahat dalam suatu hubungan yang pasti dapat dikatakan toxic, apabila pasangan menerima atau melakukan kekerasan fisik. Terlebih jika pasangan sudah berani ‘main tangan’ dan membuat salah satunya terluka. Kekerasan dalam suatu hubungan tidak hanya melukai fisik, tetapi ikut mempengaruhi kesehatan mental.
“Pernah suatu hari dia (F) pukul di bagian punggung ku sampai sakit banget hingga keluar air mata sangking nahan sakit,” rintih Hulinza saat mengingat kejadian itu.

  1. Keuangan.

Saat menjalin hubungan pasti sering makan bareng ataupun nongkrong bareng, laki-laki yang tidak modal juga menjadi pengaruh terjalinnya hubungan yang tidak sehat.-YS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *