Benar Gak Sih Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayahnya? dan Sebaliknya?

Womera.id- Seorang ayah berkewajiban memberi nafkah anak perempuannya lebih lama dibanding anak laki-laki. Nafkah seorang anak perempuan sampai dia menikah, seorang anak perempuan saat mau menikah yang menjadi kunci keberhasilan adalah restu dari ayahnya yang nantinya akan menjadi wali dalam pernikahannya

Tips orang tua yang kurang dekat dengan anaknya menurut Ustadzah Nada : 

  1. Sempatkan waktu  kalau makan bersama

jadi lebih baik kalau makan luangkan waktu bersama tanpa ada handphone dan makan bersama di meja makan.

  1. Sempatkan waktu pergi bersama

Tidak harus setiap hari pergi tapi setidaknya sempatkan waktu untuk pergi bersama itupun dalam satu bulan sekali atau 2 minggu sekali dan tidak harus pergi ke tempat yang mewah yang mahal ataupun yang jauh yang terpenting adalah kebersamaan dengan menikmati dan saling bercerita agar dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain.

  1. Sempatkan waktu untuk ibadah bersama

Untuk umat muslim sempatkan sholat berjamaah, jika masih ada kesibukan minimal magrib dan isya berjamaah dan disela waktu itu diisi dengan bercerita bersama dan bertukar pendapat tentang kegiatan anak dan orang tua pada setiap harinya.

Seorang ayah yang mempunyai anak perempuan  mempunyai kedekatan emosional dengan ayahnya. Maka saat anak perempuan itu tumbuh menjadi dewasa dan ada  laki-laki yang menyukainya biasanya anak perempuan itu tidak mudah membuka hati karena mempunyai peran ayah yang hebat yang melindunginya dan menjaganya hingga saat ini, jadi anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya karena faktor kedekatan emosional.

Tatiana Syrikova dari Pexels: https://www.pexels.com/id-id/foto/lukisan-bermain-anak-orang-tua-3933259/ 

Begitu juga sebaliknya ibu yang mempunyai anak laki-laki mempunyai kedekatan emosional dengan ibunya maka saat anak laki-laki itu tumbuh menjadi dewasa dan mulai tertarik dengan lawan jenis pasti akan melihat dalam diri perempuan yang disuka dengan menyamakan dengan sikap ibunya karena mempunyai peran ibu yang hebat yang melindunginya dan menjaganya hingga saat ini. 

Menurut Jovita Ferlina  jika anak laki-laki dekat dengan ibunya :

  1. Anak laki-laki jadi lebih manja

Karena dalam diri anak laki-laki terlahir dengan menjadi anak yang kuat jadi harus ada perlawanan dalam dirinya.

  1. Anak laki-laki menjadi mandiri

Dengan kebiasaan ngobrol dengan ibu dari hati ke hati dan dia akan melihat sisi dimana merasa ibu nya butuh dibantu dalam hal pekerjaan rumah tangga. Misal dibawakan kantong belanjaan, bantu menyapu, mengepel dan lainnya dan saat bisa  membantu ibunya ada rasa bangga dalam diri anak laki-laki bahwa dia bisa membantu dan menolong ibu. Nantinya akan berdampak saat dewasa bagaimana dia memperlakukan teman perempuannya untuk memahami menolong dan berempati.

  1. Menirukan apa yang ibu sukai

Dalam keseharian yang dilakukan anak dan ibu akan mempengaruhi kesamaan apa yang disuka ibunya juga akan disuka oleh anak laki-lakinya karena ayahnya yang kerja dan ibunya banyak menghabiskan waktunya di rumah dari bangun tidur, pulang sekolah, sampai tidur lagi banyak menghabiskan bersama ibunya.

Tips untuk  anak laki-laki  pada umumnya walaupun dekat dan menyukai hal yang disuka ibunya menurut Jovita Ferlina : 

Kerja sama antara ayah dan ibu

Memberikan contoh peran dari masing-masing dari figur ayah dan figur ibu tanpa berlebihan dalam membatasi, karena nanti dia akan belajar figur pemimpin, menjaga dan imam dari ayahnya dan figur menghargai, kasih sayang dan mengayomi dari ibunya.

Hambatan didik anak laki-laki menurut ibu angela, yaitu saat menuju masa pubertas 

 Anak laki-laki akan melihat ayahnya dari segi sikap,cara jalan, cara ngomong, cara berpakaian dan apa yang harus dilakukan sedangkan dari ibu dia melihat dan belajar memahami orang yang berada dari luar, bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan baik dan menghargai nya

Bertumbuhnya anak laki-laki pasti akan menjadikan ibunya sebagai acuan dalam mencari pasangan hidup apa yang sesuai dengan ibunya cenderung dia sukai.

-(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *