Kulit Glowing dan Sehat: Perawatan Kulit Gen-Z yang Harus Diketahui

WOMERA.ID – Bagi para remaja disarankan bagi mereka untuk mulai menggunakan skincare ketika sudah masa pubertas. Masa itu ditandai dengan munculnya jerawat sampai pada produksi sebum yang berlebih. Maka dari itu para remaja harus menggunakan skincare dalam merawat wajah mereka.

“Sebenarnya dalam perawatan wajah yang paling diperlukan hanyalah basic skincare seperti sabun pembersih wajah, sunscreen dan obat jerawat jika dibutuhkan,” ucap Wulan Ririn Andriani, Owner Jasmine Beauty Facial Treatment.

Wulan juga menjelaskan bahwa hal yang terpenting bagi perawatan kulit remaja adalah penggunaan sunscreen supaya dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV-A dan UV-B. Bisa juga bagi para remaja memakai milk cleanser, micellar water, dan jika memang ingin merawat wajah dengan baik, maka seminggu dua kali wajib memakai scrub untuk eksfoliasi kulit.

Tidak hanya itu, setelah memakai make-up penting juga bagi kita untuk membersihkan make-up tersebut dengan milk cleanser ataupun dengan micellar water supaya kotoran di wajah terlebih dahulu diangkat, setelah itu baru menggunakan pembersih wajah. Jangan sampai tidak dibersihkan karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Adristi, mahasiswa menjelaskan bahwa kondisi wajahnya sempat mengalami break out yang cukup parah karena beberapa waktu yang lalu setelah beraktivitas diluar rumah seharian, dia lupa untuk membersihkan wajahnya dengan micellar water ataupun dengan facial wash. Akibatnya, sehari kemudian di wajahnya muncul bruntusan disusul dengan timbulnya jerawat yang cukup banyak. Sehingga setelah berkonsultasi dengan dokter kecantikan kepercayaannya, dia memutuskan untuk berpuasa make-up untuk sementara waktu. Inilah yang menjadi pengingat bagi kita bahwa kebersihan wajah memanglah sangat penting bagi para remaja khususnya bagi kalangan Gen-Z yang sering beraktivitas diluar rumah.

Apa sih pentingnya sunscreen dan bagaimana cara penggunaannya?

Bagi orang yang sering terkena paparan sinar matahari sangat penting bagi mereka untuk selalu menggunakan sunscreen. Paparan sinar matahari bisa merusak kulit sehingga kulit wajah bisa mengalami penuaan dini, kusam, dan keriput. Aturannya bagi kulit remaja yang mudah berjerawat, yaitu dengan menggunakan sunscreen yang memiliki spf paling rendah dan hindari memakai spf yang tinggi. Mengapa harus spf yang rendah? karena kulit wajah remaja cenderung berminyak sehingga nantinya malah menimbulkan jerawat jika menggunakan spf yang terlalu tinggi.

Perlu diketahui, bahwa paparan sinar matahari yang mengenai kulit tanpa adanya pelindung akan menyerang kulit bagian hipo yang berada di dasar kulit, sedangkan lapisan epidermis dan dermis tidak menimbulkan flek. Bahayanya ketika usia dewasa, flek tersebut akan terangkat ke bagian atas permukaan kulit sehingga menimbulkan flek hitam di kulit. 

“Treatment apa sih yang bisa menghilangkan flek? secara jujur saya mengatakan bahwa tidak ada satupun treatment yang mampu menghilangkan noda flek yang muncul di kulit. Treatment hanya mampu menyamarkan atau menyamarkan karena nodanya pasti tidak bisa hilang, hanya sebatas samar yang apabila tidak berlanjut treatment, maka flek akan kembali seperti semula,”

Sunscreen memang sangatlah penting, karena sinar matahari memiliki kekuatan terbesar untuk merusak kulit wajah. Hal ini dirasakan oleh ibu-ibu customer Jasmine Beauty bernama Titik, dia adalah customer yang sedang fokus dalam perawatan menyamarkan flek di wajah akibat kelalaiannya tidak memakai sunscreen sewaktu masih muda.

“Saya ini dulu nggak terlalu peduli dengan yang namanya sunscreen wajah. Karena yang saya pikir kalau nanti pakai milk cleanser dan pembersih sudah aman, ternyata tidak seperti itu. Wajah saya jadi banyak flek sekarang karena kurangnya kepedulian pakai sunscreen. Jadi untuk generasi muda zaman sekarang, saya sarankan kalau memang mau beraktifitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung ya harus pakai sunscreen,” kata Titik, 41 tahun.

Bagaimana cara perawatan kulit lainnya yang bisa dilakukan oleh para Gen-Z?

Cara yang dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan setelah menjalani aktivitas sehari hari. Menjaga kebersihan peralatan-peralatan yang sehari-hari dipakai. Seperti handphone, casing handphone, ikat rambut, sprei untuk bantal dan guling. Apabila hal ini disepelekan, maka masalah yang muncul akibat hal tersebut biasanya adalah munculnya jerawat dan juga bruntusan. 

Yan Krukau dari Pexels: https://www.pexels.com/id-id/foto/relaksasi-pengobatan-dalam-ruangan-indah-7011129/ 

Bagaimana cara Gen-Z menentukan skincare yang tepat bagi wajah mereka?

Jelas yang harus kita teliti adalah pada ingredientsnya. 

Banyak remaja di zaman sekarang, dikarenakan terlalu sering melihat review dan konten mengenai produk skincare, mereka memilih bereksperimen dan sering berganti serum. hal ini karena mereka hanya tergiur dengan hasilnya, seperti cepat putih, cerah, dan glowing. Padahal jika dipakai di semua jenis kulit tanpa memperhatikan kandungannya, tentu hasil yang didapat tidak akan sama. Jatuhnya kulit akan mengalami purging yang efeknya biasanya menimbulkan gatal, bruntusan dan komedo yang datang tidak terkendali sebelum berjerawat.

Maka dari itu, sebaiknya diketahui bahwa bahan aktif yang ramah dan aman untuk semua jenis kulit adalah niacinamide. Mulai dari tipe kulit normal, berminyak, dan kering para remaja hingga usia dibawah empat puluh tahun pun dapat menggunakan kandungan ini. 

“Niacinamide memiliki efek yang tidak instan dan bertahap, namun aman untuk jangka panjang.  Apabila memang tidak memiliki pengetahuan mengenai kandungan skincare, maka langkah yang paling baik adalah dengan membeli produk skincare yang dijual di drugstore, minimarket seperti alfamart, indomaret dan minimarket lainnya.” 

Beberapa kandungan lain yang terdapat di Niacinamide antara lain

  1. Acne fighting 

Mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat

  1. Brightening 

Mencerahkan warna dan tekstur kulit yang tidak merata agar lebih lebih cerah

  1. Hydrating

Mensuport produksi ceramide untuk hidrasi dan untuk perbaikan skin barrier 

  1. Anti aging

Mengurangi munculnya garis halus & kerutan yang menjadi tanda penuaan dini

  1. Pore perfecting

Mengurangi tampilan pori-pori yang membesar. 

-(AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *